MAKRAB Etnomusikologi ISI Surakarta 2009


Malam keakrapan (MAKRAP)Himpunan Mahasiswa Etnomusikologi  ISI Surakarta (HMJ Etno) dilaksanakan di bumi perkemahan Sekipan Tawang Mangu pada tanggal 9-11 Oktober 2009. Kegiatan makrap tersebut merupakan agenda rutin untuk menyambut datangnya “anggota keluarga” baru etnomusikologi.

Kegiatan ini merupakan semacam jembatan penyeberangan menuju suatu iklim akademis, serta memiliki fungsi strategis dalam mengenalkan, mengakrabkan serta menumbuhkan rasa kepekaan mahasiswa baru terhadap lingkungan barunya.

konsep kegiatan MAKRAP kali ini, diambil dari buku Etnomusikologi Nusantara oleh Prof. Dr. Santosa. Di dalam bukunya, terdapat beberapa landasaan pemikiran mengenai jiwa Etnomusikologi Nusantara:

Pertama, etnomusikolog nusantara menggunakan prinsip relativitas yaitu menganggap bahwa kehidupan musik di muka bumi bervariasi baik konsep yang digunakan maupun wujudnya.

Kedua, Etnomusikolog nusantara mencoba menggali kekayaan konsep yang ada dalam masyarakatnya dengan menghargai adat, kebiasaan, prinsip-prinsip, dan kebijakan lokal yang menjadi landasan masyarakat setempat.

Ketiga, dengan kedua asumsi diatas etnomusikolog semestinya mendasarkan kerjanya atas toleransi terhadap pandangan-pandangan yang hidup dan diyakini dalam komunitas-komunitas di tempat lain.

Ketiga point tersebut kemudian di Implementasikan pada bentuk-bentuk kegiatan MAKARAP sebagai contoh:

  1. Sharing Awak. kegiatan ini berupa sharing/diskusi tentang latar belakang budaya masing-masing (seperti sharing/diskusi tentang pandangan, keyakinan, sikap-sikap, perilaku, pohon keluarga, simbol pribadi, kebiasaan-kebiasaan dan lain-lain). Supaya kedepannya dalam bergaul, berkomunikasi, berinteraksi tidak terjadi mis komunikasi antar budaya dan tidak berpandangan “etnosentris”.
  2. Sense of Research. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mengenai dunia fieldwork etnomusikolog sebagai kerja utamanya. Kegiatan ini berupa pengenalan teknis audio dan video serta angel-angelnya dan pengenalan tulisan jurnalistik dan tak kalah pentingnya pengantar Etnomusikologi oleh Prof. Hastanto.  Setelah menerima materi fieldwork tersebut kemudian Maru melakukan kerja fieldwork pertamanya.
  3. Kegiatan Inagurasi. Dimana disetiap kelompok diberi waktu 1.30 menit untuk membuat karya dan pembagian kelompoknya dibagi mendadak. Setelah pementasan inugurasi MARU (mahasiswa baru), MARU diberi tugas untuk membuat karya satu angkatan 2009 yang merupakan karya yang pertama angkatan Etnomusikologi 09 .Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengali potensi diri masing-masing dengan menghargai potensi orang lain sebagai kesatuan supaya dapat menutupi kekurangan dalam diri masing-masing.
  4. Jelajah Alam. Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk membentuk mentalitas MARU dari masa transisi SMA ke masa Etnomusikologi yang mana jika mental tersebut tidak dibentuk sejak awal akan menyebabkan MARU kehilangan tujuan di dalam masa perkuliahan sebagai calon etnomusikolog. Kegiatan ini berupa kegiatan menjelajah alam dengan menjawab soal-soal di tiap pos dan pemberian doktrin-doktrin khusus seperti “di lingkungan etnomusikologi kita terjadi dua krisis, identitas dan kepercayaan”, “menjadi seorang etnomusikolog tidak mudah banyak hambatan, rintangan dan halangan seperti jalan yang telah kalian lalui dan bertujuan untuk memberikan suatu kebenaran.” 

Begitulah bentuk-bentuk kegiatan yang ada di dalam makrap MARU etnomusikologi yang telah dilaksanakan di bumi perkemahan sekipan. Makrap kali ini didasarkan atas sulitnya menjalin komunikasi yang baik dan mempererat tali pesaudaraan di dalam keluarga etnomusikologi. Nah, melalui makrap hal tersebut bisa sedikit diatasi serta sedikit memberikan arahan kepada anggota keluarga baru untuk tidak mengulangai kesalahan yang telah dibuat oleh para pendahulu mereka dan tidak mengalami krisis Identitas sebagai calon Etnomusikolog ISI Surakarta.

By Sukoco

Ed Renaldi

Explore posts in the same categories: Etnomusikologi

One Comment pada “MAKRAB Etnomusikologi ISI Surakarta 2009”

  1. Tarbiyatul banin Says:

    sipp sob, sudah saya pasang juga di blogroll, nice


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: