Musik Rakyat Portugal, Tari dan Instrumen


Tari dan musik instrumen dari Musik Rakyat Portugal adalah sebuah permainan maupun bentuk tarian yang melingkar seperti O ladrao, ladrao, o ceguindo, A condessa dan A Ciranda yang iringannya musik vokal dan musik instrumens dan alat musik yang digunakan gitar dan biola alto. Tradisi portugal terdapat banyak lagu rakyak yang digunakan untuk iringan tari, salah satunya yang berjudul cancoes de berco yang diambil dari lagu rakyat. Dilihat dari kondisi geografis yang sangat lekat pada nada-nada yang melambai-lambai “nada-nada ayunan lembut”, biarpun melambai-lambi tetapi  ide dasarnya ataupun landasannya terpisah dengan keagamaan dan seperti contoh yang tertulis, dengan judul the Goan and Madeiran “Two” Variant of A Candessa.

Penari dan tarian Portugal dalam penyajiannya disusun dan dilatih oleh master penari dari kota maupun desa maka dari itu terdapat festifal-festival pada kesempatan tertentu sebagai contohnya karnaval. Bailes adalah kota yang disitu terdapat bentuk dances circle (tarian melingkar), biasanya ltampa latihan, dan merakyat dan dilakukan banyak orang dari berbagai daerah. Tarian tersebut terdapat kesan tersendiri dan merupakan tanda akan keserhanaan dari wanita yang sedikit akan mata pencaharian dan jarang tertawa maupun tersenyum waktu menari, tetapi itu diakukan dengan serius yang menaati aturan maupun tingkah laku yang ditentukan yang membuat tarian itu ada keawsyikan tersendiri,  dan dan mengundang sebagian dari daerah luar.   Yang paling lincah dan banyak variasi dari berbagai semua tarian yang ada adalah Vira (rural walt form) dari daerah Minho. Corridinho ( perjalanan langkah nya dengan puasa) merupakan karakteristik algarve: langkah yang berputar dan kayalan untuk mengatur kaki yang mengingatkan kepada orang spanyol Flamento yang lebih susunan oleh individual dan bersaing dengan kemampuan individunya. Perbedaan Vira dan Corridinho adalah dari formasi tariannya yang disitu terdapat penyanyi solo dan pemanggilnya.  Mereka biasanya menggunakan gaya musik dari daerah kereka masing-masing yang pemainnya dari teman dan menggunakan progesi akord yang stabil, salah satu instrumen biola alto yang disebut violaos, cavaguinhos dan gitarras. Penyai solo, pemanggil, penanarinya mereka mempunyai kemampuan intuk ber improvisasi menurut kemampuan yang mereka miliki. Master penari yang berasal dari daerah harus mempunytai kemapuan untuk memanggil dan mengendalikan, menyanyi solo, dan pemusik yang dapat merangkai memjadi susunan dari pertunjukan tersebut, ini terbukti adanya peringatan ke-16 century cortesano. Chamarrita menampilkan yang menggunakan suntikan yang menggunakan instrumen dengan teknik yang bernuansa melodic berputar dan stabil yang berhentak, tariannya yang menggunakan tarian tradisi dari Miranda do Douro dimana pauleiros or paulitos menggunakan tongkat pada permainannya. Caramba menggunakan gaya Bassa danca Style yang merupakan sajian gitar yang disusun secara harmornis yaitu penggabunga dari berbagai macam instrumen yang bersifat percusif tebih menekan pada pola permainan yaitu tambores (drum) do adufes (gambar no 5), gitar dan viola. Caramba menggunakan lagu dari Madeira oleh santos (1973)yang bernuansa arabian.

Bentuk tarian dan musik portugal tidak hanya menggunakan gaya musik portugal itu sendiri tetapi juga menggunaka gaya maupun bentuk di lain daerahg portugal. Cana-verde, sebuah tarian melingkar yang para laki-laki dan perempuan berhubungan sebagai perayaan panen tebu, pertunjukan Dari Afrika infliences (gambar no.8). The Segudilhas  di alvarge adalah belived untuk mempunyai datang dari spain, dan fandango, suatu couple-dance yang pertunjukannya berderet atau formasi melingkar, masih populer di daerah Minho. Yang semua itu menggunakan instrumen gitar, biola alto, biola, dan akordeon.  Di Alentejo yang digunakan adalah guitar tidak , pifaro ( alat musik dan seruling, untuk beiras menggunakan harmonika, drum dan trangles, di algarve menggunakan gitar, pifaro, cantanens dan kadang-kadang bandolim (mandolin). menari seperti schottische, mazurka dan tarian polka dari  lainnya  bagian dari eropa juga terjadi, dan gerakan *apakah mungkin hasil Perancis mempengaruhi sepanjang abad yang ke-19.

sebagian dari tarian di minho area, seperti malhao, cana-verde, vira dan chula, mungkin paduan oleh suatu rombongan tarian kecil ( ronda minhota) dengan instrumen terdiri atas harmonika, semacam akordion, biola. cavaquinhos, biola alto, violaos, drum, segi tiga dan instrumen angin. Suatu instrumentasi serupa ditemukan di madeiran tarian, tarian beberapa mempunyai heel-tapping ( fandango dan bailarico) yang menciptakan suatu berirama kontra dengan musiknya. Marine shells adalah interprestasi yang digunakan pada musik sepanjang pantai di Minho, tetapi di bagian dalam/pedalaman Minho, tarian castantets yang digunakan kayu. tentang oarticular adalah adufes ( hand-beaten kecil membingkai drum yang dimainkan oleh wanita-wanita sepanjang;seluruh negeri), pipa (flute), guitas ( alat musik dari portugal utara) dan rebeccas ( biola rakyat) chain-dances sucs, verde-gaio adalah lazim di pusat dan northen portugal. salah satu dari tarian yang lebih tua, suatu farrapeira, ditemani oleh pifaro dan gaita de fodes.

salah satu yang paling populer dari instrumens yang digunakan di folksongs dan folkdances adalah biola alto, afour-or yang five-string gitar yang itu sepanjang abad yang 18th mempunyai sebanyak tiga dawai-dawai di setiap instrumennya. Portuguese istilah ” biola alto” bahasa Spanyolnya “vihuela” digunakan untuk umum sepanjang kebangkitan kembali untuk menandakan manapun alat musik gesek instrumen. Istilah adalah berkwalitas menurut tohow dimainkan atau oleh atribut phisik nya, seperti di violas de mono ( yang dipetik dengan tangan kanan), viola de arco ( yang dibungkukkan dengan tangan kanan) atau viola de  arame ( dengan dawai-dawai metal). Yang paling awal publikcations yang meliputi nyanyian portugaese adalah buku metoda sebagai musiknya: sebagai contoh luis de milan pada tahun 1536 dimasukkan enam portuguese villancicos tertulis didalamnya adalah Libro de musica de vihuela de mono intitulado el maestro (in the dokumentos das chancelarias, see Azevedo, 1934). Peran dapat ditemukan pada acuannya tidak hanya kepada biola alto tetapi juga ke alaudes ( kecapi) dan guitarra pada 1450.  Dan itu belum menentukan apakah ini awal nyanyian, pada zaman pertengahan (renaisance) dan awal kebangkitannya kembali nyanyian membukukan seperti cantigas de santa maria, cancioneiro de ajuda, cancioneiro de vaticana (colucci-brancuti:P-lc) dan martin codax, mengatakan seperti halnya itu pada awal instrumen metode buku, adalah versi menyangkut folktunes . dengan gaya lutes yang suling mereka dan dengan hormat bermaksud, apa yang diperkenalkan yannyian  nyanyian tradisional menjadi lebih mungkin untuk pengerjaan ulang material rakyat secara artistik.

kesinambungan dan perubahan, di samping merindukan koleksi dijaman pertengahan, mereka yang dari berabad-abad 20th dan yang 19th, bukti kesinambungan beberapa di (dalam) jenis nyanyian adalah privided oleh acuan dalam literatur seperti halnya oleh kehadiran hari ini seperti  nyanyian villancetes, romances, cantigas de bergo, marltimas. Loas, cantigas de romania, as maias (my songs), as janeiras, os reis (lagu-lagu dari tiga raja musik), desafios or despiques and desgarradas (lagu-lagu dari tiga raja di masa lampau, atigas de escarnio amaldizer). nyanyian modern Koleksi mengungkapkan aspek pertengahan, seperti cara sesuatu dilakukan dan migras irama plainsong, co-existing dengan utama ( yang paling umum) dan kecil tonalas merupakan perawatan modern dari masa lampau yang menyangkut nyanyian dan antar para penyanyi jaman ini. Sebagai contoh, D dan G gaya masih ditemukan dalam konsep utama dari tonalas romanias(pilgrim song), folias (profesional dan festive songs sung by the folies, folk equvalent of the court jestes) dan romances (ballads). pengaruh nya terdapat pada hiasan suntikan dari timur dapat dilihat di instrumentasinya dan gaya bernyanyinya, terutama di daerah pelosok dan daerah bergunung-gunung.

Afrika instrumentasi, Irama dan ritme adalah juga suatu corak musik rakyat portuguese yang kelihatan sejak permulaan 16 abad yang gaya tersebut sekarang masih populer. Guines dan orang negro, menyanyi dalam irama spain, portugal dan latin america pada umumnya responsorial dan corak hemiola bergeser untuk¾ di dalam suatu 6/8 (birama); dan untuk texsnya pada umumnya bertemakan natal. Orang Afrika menyebutkan seperti halnya instrumen mengenai Eropa, juga menggunakan vocables seperti guluga, gulugue. Dance-Song lundum ( londum, lundu), permulaan dari africa ( angola atau zaire), datang ke portugal kemudian menjadi suatu jenis samba. Di portugal itu menjadi suatu jenis burlesgue modinha. Dengan tarian lascivious fofa itu barangkali satu sumber yang menyangkut fado ( C.M. Dias, cartas de lisboa, lisbon, 1905). Canarios banyak ditemukan di abad ke-18-century, gitar abad ke-17dan mengajar privat di (dalam) numerousin rangkap tiga melipat tigakan waktu, sebagai lawan notasi arbeau’s di portugal di sekitar 1700 ( J.C.T. lamaunce, crifras de violas por varios autores in p-cug). Dan Di  abad ke-20 orang Afrika jejak dalam  tarian seperti cana-verde, the bailes de escravos (a shuffiling chain-dance, the bailes de esravos (a bailes dos pretos, a circle-dance cana-verde, bailes de escravos a shuffiling chain-dance, the bailes de esravos a bailes dos pretos, a circle-dance yang meliputi suatu nyanyian tunggal tiruan dari orang Afrika hitam yang menari. Dengan seragam disesuaikan pada ritme dan instrumen dan itu ‘ african’rhythms; menjadi musik afro-portuguese dan tariannya sekarang telah menjadi lebih besar dan baru.

Explore posts in the same categories: Etnomusikologi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: