ARCANGELO CORELLI “Seorang Pemain Biola dan Komponis Musik Zaman Barok”


By Muh Salim

RIWAYAT HIDUP CORELLI

Arcangelo Corelli dilahirkan di Fusignano, Italia, di provinsi Ravenna. sedikit yang diketahui tentang awal hidupnya. Guru biola Arcangelo Corelli  adalah Giovanni Battista Bassani. Matteo Simonelli, penyanyi kapel pope’s yang terkenal, mengajar dia komposisi.

Kesuksesan Arcangelo Corelli yang pertama diperoleh di Paris pada umur sembilan belas tahun, dan reputasinya di benua Eropa dalam bidang musik dimulai. dari Paris, kemudian Corelli pergi ke negara Jerman. Pada tahun 1681 Arcangelo Corelli merpertunjukkan kemampuan bermusiknya untuk pangeran Bavaria; antara 1680 dan 1685 ia menghabiskan waktu di rumah temannya, seorang pemain biola dan komposer yang bernama Cristiano Farinelli ( yang dipercaya sebagai paman Castrato Farinelli).

Pada tahun 1685 Corelli berada di Roma, di mana ia memimpin sebuah festival musik untuk Ratu Christina dari Swedia dan ia juga menjadi favorit Kardinal Pietro Ottoboni, kemenakan laki laki agung. dari Kardinal Pietro Ottoboni yang mana pada tahun 1689 menjadi Sri Paus Alexander VIII). Dari tahun 1689 hingga tahun 1690 ia berada di Modena; Bangsawan Modena  memperlakukan Corelli dengan sangat baik saat ia berada di Modena. Pada tahun 1708 ia kembali ke Roma, dan tinggal di istana Kardinal Ottoboni. Kunjungannya ke Naples, atas undangan raja, diambil Corelli di tahun yang sama

Gaya permainan biola baru diperkenalkan oleh Corelli dan yang dipelihara oleh para muridnya, seperti Francesco Geminiani, Pietro Locatelli, dan lain-lain, serta menjadi arti penting untuk pengembangan permainan biola. Itu telah dikatakan bahwa alur dari semua pemain biola dan komposer terkenal abad-18 Italia “mendorong” mereka kearah Arcangelo Corelli ,seorang pendahulu mereka sebagai ” titik acuan iconic.” (Toussaint Loviko, in the program notes to Italian Violin Concertos, Veritas, 2003)

Bagaimanapun juga, Corelli hanya menggunakan suatu bagian yang terbatas dari kemampuan instrumennya. Hal ini mungkin telihat dari tulisannya; bagian untuk biola,ia sangat jarang meneruskan di atas D pada dawai yang paling tinggi, kadang-kadang mencapai E pada posisi keempat pada dawai yang paling tinggi itu. Cerita telah diberitahu dan diberitahu kembali bahwa Corelli tidak diijinkan untuk memainkan Altissimo in A dengan memperluas bagian-bagiannya dalam lagu pembukaan pada oratorio il Trionfo del Tempo e Disinganno Handel’S (yang dipertunjukkan perdana di Roma, 1708), dan mengambil tindakan serius ketika penggubah memainkan catatan itu.

Meskipun demikian, komposisinya untuk instrumen menandai suatu jangka waktu di dalam sejarah musik kamar. Pengaruhnya tidaklah terbatas pada negerinya. Johann Bach Sebastian belajar dari karya-karya Corelli dan mendasarkan pada suatu gabungan irama musik organ/ organ fugue ( BWV 579) pada Opus 3 of 1689 Corelli.

Masyarakat berbakat musik di Roma juga berhutang banyak pada Corelli. Ia telah diterima di dalam lingkaran paling tinggi/kaum bangsawan, dan dalam jangka waktu panjang memimpin Perayaan Monday concerts di istana Kardinal Ottoboni.

Corelli meninggal dengan kepemilikan kekayaan sebesar 120,000 mark dan koleksi lukisan yang berharga, satu-satunya kemewahan yang mana telah memanjakannya. Ia meninggalkan kedua-duanya kepada teman dan penolongnya, dan siapapun yang dengan baik hati memberikan uang kepada keluarga Corelli. Corelli dikuburkan di Pantheon, Rome. Seseorang masih dapat menelusur balik generasi pemain biola dari siswa ke guru Corelli.

KARYA-KARYA

ARCANGELO CORELLI

Sejak berkarya di Roma, menerbitkan 12 sonata gereja dan 12 sonata kamar (1681-1694), kemudian 12 sonata biola serta 12 concerti grossi. Gaya Corelli seimbang, khidmat dan luas, kesannya dijadikan kolosal dengan digandakan jumlah pemain dalam sonata gereja  dan concerto grosso sampai 150 pemain.

Komposisi Arcangelo Corelli dibedakan oleh suatu arus nyanyian yang indah, yang dikatakan sudah membebaskan dari peraturan yang tegas tentang nada pengiring.

Concerti grossinya telah populer pada Kultur barat. Sebagai contoh, sebagian dari Christmas Concerto, Op.6 No.8, ada di dalam  soundtrack film Master and Commander: The Far Side of the World. Ia juga sering disebut-sebut di dalam novel Captain Corelli’s Mandolin.

. Corelli menyusun 48 sonata trio, 12 sonata biola dan continuo dan 12 Concerti Grossi.

Enam Opus benar-benar dianggap berasal dari Corelli, bersama-sama dengan beberapa karyanya yang lain :

Duabelas concerti grossi, op.6 adalah suatu koleksi duabelas concerti yang di tulis oleh Arcangelo Corelli, diaransemen untuk penerbitan pada tahun 1708. Karya-karya ini adalah sebagian dari contoh Concerti Grossi terbaik pada zaman Barok – Konser untuk suatu concertino kelompok dua violin dan cello dan suatu ripieno kelompok 2 biola, cello dan continuo.

Rincian concerti grossi, op.6

Yang delapan pertama adalah concerti da chiesa sedangkan yang empat terakhir adalah concerti da camera.

No.1 in D Major

  1. Largo Allegro
  2. Allegro
  3. Largo-Allegro
  4. Largo
  5. Allegro
  6. Allegro

No.2 in F Major

  1. Vivace-Allegro-Adagio-Vivace-Allegro-Largo
  2. Allegro
  3. Grave-Andante Largo
  4. Allegro

No.3 in C Minor

  1. Largo
  2. Allegro
  3. Grave
  4. Vivace
  5. Allegro

No.4 in D Major

  1. Adagio-Allegro
  2. Adagio
  3. Vivace
  4. Allegro

No.5 in B-flat Major

  1. Adagio-Allegro-Adagio
  2. Adagio
  3. Allegro-Adagio
  4. Largo-Allegro

No.6 in F Major

  1. Adagio
  2. Allegro
  3. Largo
  4. Vivace
  5. Allegro

No.7 in D Minor

  1. Allegro
  2. Adagio
  3. Allegro
  4. Andante Largo
  5. Allegro
  6. Vivace

No.8 in G Minor “Christmas Concerto“.

  1. Vivace-Grave. Arcate, sostenuto e come stà
  1. Allegro
  2. Adagio-Allegro-Adagio
  3. Vivace
  4. Allegro
  5. Largo. Pastorale ad libitum

No.9, in F Major

  1. Preludio: Largo
  2. Allemanda: Allegro
  3. Gavotta: Allegro
  4. Adagio
  5. Minuetto: Vivace

No.10, in C Major

  1. Preludio: Andante Largo
  2. Allemanda: Allegro
  3. Adagio
  4. Corrente: Vivace
  5. Allegro
  6. Minuetto: Vivace

No.11, in B-flat Major

  1. Preludio: Andante Largo
  2. Allemanda: Allegro
  3. Adagio
  4. Andante Largo
  5. Sarabanda: Largo
  6. Giga: Vivace

No.12 in F Major

  1. Preludio: Adagio
  2. Allegro
  3. Adagio
  4. Sarabanda: Vivace
  5. Giga: Allegro
  • Op. post.: 6 Sonate a tre WoO 5–10 (Amsterdam 1714)

DAFTAR PUSTAKA

–          Karl-Edmund Prier sj, Sejarah Musik Jilid 2, PML Yogyakarta.

–          http://www.wikipedia.com

Explore posts in the same categories: Biografi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: