Makna Hidup Adalah Perjuangan


Lagu merupakan suatu bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Sesuatu yang memberikan warna dan pencerahan bagi orang yang mendengarkannya. Lagu berisikan syair-syair yang didalamnya tersirat gambaran inspirasi sang penulis. Terkadang syair-syair itu memiliki makna yang sangat mendalam dan memiliki banyak arti, tergantung pada penikmatnya.

Di negeri ini banyak penulis lagu yang karya-karyanya sudah mendapat tempat dihati para penikmat musik serta tak diragukan lagi kualitasnya. Salah satunya adalah Ahmad Dhani. Anak pertama dari tiga bersaudara ini memang sudah memiliki bakat dalam bidang musik sejak dia kecil. Dia memulai karir musiknya sejak SMA dengan membentuk grup band yang diberi nama dewa 19. Setelah lulus SMA Ahmad Dhani dan bandnya memberanikan diri hijrah ke jakarta untuk mengadu keberuntungan bermusik mereka dengan mengajukan demo-demo lagu yang mereka ciptakan kepada para produser rekaman. Setelah melalui masa-masa sulit, akhirnya mereka diterima disalah satu perusahaan rekaman dan langsung meluncurkan album perdana mereka yang berjudul “DEWA 19”.

Sebagai pemimpin grup dewa 19, tak jarang Ahmad Dhani membuat lagu-lagu yang bisa menjadi hits. Dengan syair yang menggunakan kata-kata sederhana namun dengan makna yang sangat mendalam, Dhani mampu menyihir para penggemarnya. Contohnya pada lagu “Hidup Adalah Perjuangan” dari album Bintang Lima ini yang hanya menggunakan kata-kata sederhana.

Kemenangan hari ini…

bukanlah berarti

kemenangan esok hari

kegagalan hari ini…

bukanlah berarti

kegagalan esok hari

Tak ada yang jatuh

dari langit dengan

cuma-cuma

semua usaha

dan do’a

Kebenaran hari ini

bukanlah berarti

kebenaran saat nanti

Kebenaran bukanlah kenyataan

Hidup adalah perjuangan

tanpa henti-henti

Usah kau

menangisi hari kemarin

Hidup adalah perjuangan

bukanlah arah dan tujuan

Hidup adalah perjalanan

Apabila lagu ini diartikan secara rinci, setiap kalimat mempunyai makna yang sangat mendalam.

“Kemenangan hari ini…

bukanlah berarti

kemenangan esok hari”

Memiliki arti bahwa kita jangan cepat puas dengan kemenangan atau keberhasilan yang kita dapat pada hari ini, tetapi kita harus terus berusaha untuk mempertahankannya.

Kalimat diatas disambung dengan kalimat

“Kegagalan hari ini…

bukanlah berarti

kegagalan esok hari”

yang bermakna kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Apabila kedua kalimat tersebut digabung, akan menggambarkan sebuah realita kehidupan, yaitu kegagalan dan keberhasilan tidak dapat dipisahkan dari hidup ini. Kadang seseorang mengalami keberhasilan, namun tak jarang pula akan mengalami kegagalan.

“Tak ada yang jatuh

dari langit dengan

cuma-cuma

Semua usaha

dan do’a”

Kalimat tersebut menggambarkan bahwa tuhan tidak akan memberikan kepada seseorang yang tidak berusaha. Semua kesuksesan dan keberhasilan bisa didapat dengan usaha yang keras dan do’a. Atau dengan kata lain manusia berusaha dan berdo’a, namun Tuhanlah yang menentukan.

“Kebenaran hari ini

bukanlah berarti

kebenaran saat nanti

Kebenaran bukanlah kenyataan”

Makna dari itu adalah segala sesuatu yang dianggap manusia benar didunia ini tidak berarti benar dihadapan Tuhan kelak. Kebenaran dan kebaikan yang ada didunia ini bukanlah kebenaran yang sesungguhnya karena kebenaran yang sesungguhnya adalah Tuhan.

“Hidup adalah perjuangan

tanpa henti-henti

Usah kau

menangisi hari kemarin”

Maksud dari kalimat tersebut adalah dalam kehidupan ini manusia harus terus berusaha untuk meraih mimpi-mimpi dan jangan menyesali hal yang telah terjadi serta tetap menatap masa depan dan menjalani hari ini dengan sungguh-sungguh.

“Hidup adalah perjuangan

bukanlah arah dan tujuan

Hidup adalah perjalanan”

Kalimat terakhir dalam lagu ini memiliki arti yang sanagt mendalam. Kehidupan ini tidak kekal adanya dan bukan pula arah yang kita tuju dan bukan juga tujuan yang kita capai tetapi hidup ini adalh sebuah perjalanan untuk menuju kehidupan yang kekal abadi.

Pesan yang ingin disampaikan Ahmad Dhani sebagai penulis lagu ini adalah agar manusia harus tetap berusha dalam menjalani hidup. Dengan usaha dan do’a bukan tidak mungkin manusia akan mengalami keberhasilan, karena hidup adalah perjuangan.

Explore posts in the same categories: Filsafat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: