SWOT bertanya dalam diri sendiri


halo teman-teman…
hari selasa yang lalu adalah hari yang spesial buat saya…
hari itu saya sendirian dalam ruangan coaching berbicara dan membahas berbagai hal.
salah satu hal yang menarik adalah tentang analisa SWOT yang dilakukan pada diri kita sendiri.
SWOT seperti yang kita ketahui adalah singkatan dari Strenght – Weakness – Opportunity – Threath.
kalo kepanjangan dari SWOT adalah SSSSWWWOOOOTTT begitu d hehehehe
kembali ke laptop…
Ketika saya bertanya kepada coach saya, mengapa saya tidak termotivasi melakukan A (misalnya), langsung saya ditanya, apa kekuatan kamu? apa kesempatan yang bisa kamu ciptakan?
apa kelemahan kamu? apa ancaman yang bisa muncul karena kelemahan ini?
Selama ini, analisa swot selalu dilakukan untuk corporate, untuk menganalisa keadaan perusahaan mereka. Sayangnya, ini sangat jarang , kalu pernah, dilakukan kepada setiap individu. Bayangkan jika Anda melakukan analisa ini kepada diri Anda sendiri… Kejelasan seperti apa yang akan Anda dapatkan? Perubahan apa yang bisa Anda lakukan? Kesempatan apa yang bisa Anda ciptakan lebih banyak? Apa yang bisa membuat Anda lebih maju lagi? Bagaimana arah hidup Anda setelah Anda mendapat kejelasan ini?
Hmmm, ternyata pertanyaannya banyak sekali ya… sebelum memikirkan pertanyaan-pertanyaan di atas, satu pertanyaan yang harus kita tanyakan kepada diri kita sendiri adalah, apakah saya melakukan analisa SWOT pada diri saya sendiri? Kalau misalnya Anda belum pernah tahu caranya sebelumnya, akankah Anda melakukannya sekarang setelah mengetahui caranya?
Banyak sekali orang yang masuk dalam kategori NATO, No AngPao Thanks Only, eh, maksud saya No Action Talk Only…ada seorang teman saya yang mengatakan bahwa orang-orang ini selalu mencari resep untuk membuat roti, tetapi tidak pernah mulai membuat roti hehehe… Mulailah sekarang untuk menjadi lebih baik. Ijinkan diri Anda untuk menjadi lebih baik. Lakukan apa yang sudah Anda ketahui. Hidup Anda akan mudah berubah menjadi lebih baik.
Akan sangat menyenangkan jika kita bisa saling membahas hasil yang masing-masing kita dapatkan, tentu secara tidak langsung kita bisa menjadi lebih jelas dengan keadaan kita dan ke mana kita akan menuju.
Silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur, anyway… ini semua khan untuk Anda sendiri khan ya…
Apa kekuatan yang saya miliki?
Misalnya saya menjawab, Kreatif, Cepat dalam belajar, Deal Maker, suka tampil
Lanjutkan dengan pertanyaan: Apa kesempatan yang bisa Anda ciptakan karena memiliki kekuatan ini?
Misalnya saya menjawab, uang lebih banyak, sukses lebih banyak, menjadi bintang, idola, menjadi pintar lebih mudah
Lalu lanjutkan dengan pertanyaan: Apa kelemahan saya?
Misal, saya benci kerjaan admin, saya suka detail tapi benci melakukan detail
lalu apa ancaman yang bisa muncul karena kelemahan ini?
Misal, melewatkan banyak detil, melewatkan banyak hal kecil yang sebenarnya penting dan bisa menyebabkan gagalnya sebuah proyek.
Pertanyaan berikutnya adalah Apa yang bisa saya lakukan supaya kelemahan saya dapat diatasi?
Misalnya jawaban saya adalah Cari Sekretaris atau PA aja.
So, teman-teman mari kita jawab ini semua dan silahkan diskusikan jika Anda berkenan
Sukses selalu buat Anda semua,

Agus Setiawan

Explore posts in the same categories: Analisa Swot

Tinggalkan Balasan

