TARI KOREO : KESENDIRIANKU


OLEH : Widhi Astuti

KESENDIRIANKU

Dalam karya yang berjudul “kesendirianku “ ini saya terinspirasi oleh suatu pengalaman  yang mana pengalaman  saya itu saya gunakan sebagai ide garap yang saya eksplor menjadi suatu karya yang berjudul kesendirianku. Dalam kesendirianku ini saya ingin memunculkan sesuatu dimana seseorang harus dapat menghadapi berbagai pokok permasalahan yang muncul baik dalam diri sendiri, ataupun pokok permasalahan yang muncul akibat pengaruh dari lingkungan luar. Dalam kesendirian orang merasa sedih ,dalam kesendirian orang merasa bimbang, kesendirian adalah sepi, akan tetapi disisi lain dalam kesendirian itu ada suatu titik dimana orang jarang bisa merasakan suatu kenikmatan .Kenikmatan yang sangat indah. Kesendirian adalah suatu kebebasan yang tak terbatas.

Dibalik kesendirian tak jarang orang akan mampu dan bertahan lama karena kesendirian didunia ini manusia tidak akan bisa hidup dalam suatu kesendirian . Manusia hidup dia membutuhkan seorang teman dimana ia bisa berbagi baik dalam suka maupun duka. Kesendirian adalah duka .Dalam keramaian terasa sepi. Inginku terbebas dari semua ini tapi kutak bisa lakukan ,karena itu sangat sulit bagiku untuk melakukannya.

*Inti dari konsep ini sebenarnya lebih merujuk pada bagaimana seseorang berusaha untuk lepas dari suatu masalah yang mana masalah itu berawal dari suatu kesendirian.

*Tetapi betapa beratnya seseorang dalam suatu kesendirian dalam menghadapi suatu masalah yang semua orang yang tak adayang mau tau dan mengerti.

*Aku hanya manusia biasa yang juga membutuhkan seorang teman. Teman yang mau menerima segala kelebihan dan kekuranganku.

SINOPSIS

Kesendirian adalah suatu kebebasan yang tak terbatas.Dalam kesendirian seseorang bisa merasakan suatu kenikmatan. Akan tetapi dalam kesendirian seseorang harus dapat menghadapi berbagai pokok permasalahan yang muncul baik dari dalam diri sendiri, bahkan pokok permasalahan yang berawal dari lingkungan luar.Di sisi lain kesendirian adalah duka.Dimana manusia tidak akan mampu bertahan dalam suatu kesendirian.

GARAP GERAK

*Pada bagian pertama (intro) ini berisikan tentang alur maju mundur atau kilas balik dari adegan terakir yang isinya tentang konflik dari garap karya. Dalam adegan ini menggunakan gerak cepat ,pola acak  atau pola membentuk garis segitiga dari arah samping kiri lurus kekanan kemudian mojok depan kiri mundur ketengah kemudian blackout.dan musik yang digunakannya pun memakai tempo cepat.

*Pada bagian kedua menggunakan suasana agak hening.dengan gerak perlahan –lahan tempo lambat. Dari pojok belakang menuju ketengah kemudian ke samping kanan tengah,berjelan dengn pola acak.

*Pada adegan ketiga berisikan tentang konflik yang akhirnya berakir pada ending.Dalam konflik ini menggunakan tempo cepat dan pola acak.Isi dari konflik ini menggambarkan tentang kebingungan,kegelisahan.

*Alat musik yang digunakan untuk mengiringi diantaranya jimbe,suling,gitar,biola,dok-dok,lonceng.

*Pemusik ETNO 06

Explore posts in the same categories: TAri

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: