SERAT MAKNA JATI


Dalam pandangan mistik kebatinan sebelum ada sesuatu (adam kadim ajali abadi) , yg ada adalah pangeran ,yang memilki dzat,sifat,asma,dan afngal.keberadaan gaib ini selalu tertutup oleh kelir( batas), karena itu manusia berusaha menemukan melalui batin melalui ketenangan batin, manusia akan mengetahui pagar gaib itu, yg dalam Serat Makna Jati meliputi :

1.      KAYU, yaitu pohon hidup yang disebut “kayu daim”, artinya hidup abadi.manusia berusaha mencari pangeran untuk kembali ke situ dalam keadaan bersih.

2.     NUR, yaitu cahaya yg terdiri dari 5 macam : nur riyat (cahaya yg membuat salah arah) berwarna hitam, nur rani berwarna merah yaitu cahaya nafsu, nur madi (cahaya kenikmatan) berwarna kuning, nur buwat berwarna hijau sebagai kesentosaan, nur muhammad berwarna putih sebagai cahaya yg terpuji.

3.      SIR, yaitu rasa yg meliputi 6 hal, yaitu : sir ibtani yaitu rasa purba yg menjadi cahaya asmara nala, sir kabari yaitu rasa wisesa yang menjadi cahaya asmara puba, sir mala yaitu rasa sempurna yang menjadi cahaya asmara turida, sir baji yaitu rasa mulia sebagai cahaya asmaradana, sir kreki sebagai rasa sejati yang menjadi cahaya asmara tantra, dan sir wadha yaitu rasa menyatu, yang menjadi cahaya asmaragama atau disebut sir gaibi.

4. ROH, yaitu sukma yg terdiri dari 7 macam : roh jasmani” yang menggerakkan anggota badan “, roh rabadi yg menghidupkan bulu dan kuku, roh napsani yang menghidupkan nafsu, roh rohani yang menghidupkan sukma, roh nuani yang menghidupkan dzat, dan roh ilapi yang menghidupkan atma atau roh kudus.

5.     NAFSU, yg terdiri dari aluamah, amarah, supiah, dan mutmainah keempat nafsu ini akan selalu berimbang, sehingga pelaku mistik kebatinan berusaha menahnnya.

6.       AKAL, artinya budi atau sering di sebut cipta dan terbagi ada 2 macam : yaitu

a. LOCITA yaitu keinginan batin yang disebut linggamaya, representasinya berupa   nafas, grahita (tanggapan)  dan hesthi (keinginan) .

b. PANCAMAYA, artinya berupa osik (bisikan batin) yang masih ada dalam rasa.

7.      JASAD, yaitu tubuh manusi yg terdiri dari jasad turat dan jasad latit, jasad turat adalah badan wadag (jasmani) dan jasad latit adalah badan halus yg disebut jirim (rohani) .

by alang alang

Explore posts in the same categories: Sastra Jawa

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: